Balaibahasajateng, Ciri-Ciri Iklan yang Benar dan Menarik – Pastinya, kalian pernah bukan melihat iklan yang biasanya ditayangkan di tv, internet, Koran dan berbagai macam media lainnya. Iklan merupakan sebuah pesan promosi sebuah produk atau jasa yang disampaikan melalui berbagai media. Iklan ini disampaikan kepada masyarakat guna untuk menarik minat masyarakat agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam pembuatan iklan suatu produk barang atau jasa tentunya dibutuhkan berbagai macam media yaitu bisa melalui media cetak, media internet atau melalui media yang biasanya dipasang dijalan.
Sebuah iklan bisa dikatakan baik jika iklan tersebut mempunyai suatu karakteristik yang dapat menarik minat masyarakat. Nah, buat kalian yang mempunyai produk atau jasa dan akan menawarkannya kepada masyarakat. Kalian perlu untuk membuat iklan tersebut. sebelum kalian akan membuat iklan, kalian harus memperhatikan ciri-ciri iklan yang baik dan dapat menarik minat masyarakat.
Berikut akan kami bagikan terkait ciri-ciri iklan yang benar dan menarik. Sehingga informasi pada iklan tersebut dapat dimengerti oleh masyarakat yang merupakan sebagai pelaku konsumen.
1. Menggunakan Kata-kata yang Tepat dan Menarik
Dalam sebuah iklan yang menjadi ciri pertama yaitu dalam segi penulisan atau penggunaan kata-katanya. Suatu iklan akan mudah diingat oleh masyarakat jika dalam iklan tersebut menggunakan kata-kata yang tepat sehingga mudah untuk dipahami dan menggunakan kata-kata yang menarik sehingga dapat membuat konsumen tertarik untuk membelinya.
2. Menjelaskan Produk-produk yang di Iklankan
Penjelasan produk dalam suatu iklan itu sangat penting untuk dilakukan karena dengan dijelaskannya terkait produk tersebut. maka masyarakat akan lebih tahu mengenai informasi terkait dengan produk yang diiklankan tersebut. Dan dalam iklan yang baik dan benar pasti didalamnya akan dijelaskan terkait informasi keunggulan dari produk tersebut.
3. Lebih Menonjolkan Inti dari Informasinya
Dalam pembuatan iklan yang paling penting adalah kalian harus menunjukkan apa inti dari informasi iklan tersebut. karena informasi inti dari sebuah iklan akan menjadi pusat perhatian utama yang dicari masyarakat. Jadi, buat kalian yang akan membuat iklan informasi intinya bisa kalian tunjukkan misalnya dengan type penulisan yang berbeda, bisa juga ukuran yang lebih besar atau warna yang sangat menonjol dari yang lainnya.
Baca juga: Pengertian Iklan beserta Tujuan, Ciri ciri, Contoh, Manfaat dan Jenisnya
4. Disampaikan dengan Komunikatif dan Juga Informatif
Dalam menyampaikan iklan harus menggunakan bahasa yang komunikatif dan informatif agar pesan yang tersampaikan dalam iklan tersebut tepat di mata masyarakat.
5. Menggunakan Kata-kata yang Persuasif
Dalam membuat iklan dibutuhkan kata-kata persuasif agar tujuan dari pembuatan iklan ini tercapai. Karena iklan berisi informasi untuk mengajak masyarakat atau konsumen agar mereka membeli produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
6. Iklan Harus Sesuai dengan Sasaran
Dalam membuat iklan harus menentukan sasaran atau target pasarnya agar pesan yang disampaikan dapat diterima di pelaku konsumen. Seperti misalnya, kalian akan memasarkan suatu produk dan target pasarnya adalah anak-anak jaman milenial maka kalian harus membuat iklan dengan kata-kata semenarik mungkin agar iklan tersebut dapat diterima dikalangan anak-anak jaman milenial.
7. Memadukan antara Unsur Gambar dengan Kata-katanya
Dalam membuat iklan yang benar dan menarik harus memadukan kata-kata dengan gambar atau grafis yang bagus. Jadi, jika suatu iklan hanya berisi sebuah kata-kata saja pasti pelaku konsumen akan malas untuk membacanya. Tapi jika dipadukan dengan gambar-gambar yang menarik maka pelaku konsumen akan lebih minat untuk membaca iklan tersebut.
8. Bersifat Jujur dan Objektif
Dalam pembuatan iklan yang baik itu harus lebih bersifat objektif dan jujur. Tetapi boleh untuk promosi dengan melebih-lebihkan suatu produk tapi memang kelebihannya itu harus sesuai dengan fakta.
9. Tidak Menyinggung Produk-produk Lain
Dalam pembuatan iklan yang baik dan benar kalian tidak boleh menyinggung atau menjelek-jelekkan produk lain. Meskipun untuk berkompetisi dalam merebut pasar yang sama, dilarang untuk merendahkan produk-produk lain. Baik itu produk yang sama maupun yang berbeda.
10. Iklan yang Dibuat Harus Menarik Perhatian
Dalam pembuatan iklan yang baik yaitu iklan harus dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian sasaran konsumen. Jadi dengan iklan yang dibuat secara menarik pasti akan mudah untuk diingat oleh masyarakat yang sebagai pelaku konsumen.
Baca juga: Judul Skripsi Pemasaran yang Bisa Dijadikan Referensi
Nah, itulah penjelasan ciri-ciri iklan yang benar dan menarik yang bisa kami bagikan ke kalian. Semoga ciri-ciri diatas dapat dijadikan referensi untuk kalian yang sedang membuat atau mempunyai suatu produk atau barang yang akan diiklan-kan. Agar produk atau barang yang sedang kalian jual akan sangat disukai oleh pelaku konsumen dan dapat mencapai target pasaran.